

Design of this study did not involve any control group. The problem how the influence of the use of the interactive Video in learning English to improve the writing reproduction skills of English students Primary Education Program? The research used is quantitative approach and the type of research used is Experimental research, this research. Research Objective to know the influence of writing reproduction, use Interactive Video in learning English. Dengan demikian dapat disimpulkan model Active Learning teknik Card Sort dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi puisi pada siswa kelas V SDN TI 030 Batu Belah. Pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 81,05 dari 20 orang siswa terdapat 17 orang siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 85%. Selanjutnya dari 20 orang siswa hanya 12 orang yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 60,00%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil keterampilan menulis siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi puisi di kelas V SD TI 030 Batu Belah pada siklus I tergolong cukup dengan rata-rata 70,05. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan tes. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 20 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 7 orang, dan siswa perempuan berjumlah 13 orang. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan penelitian ini untuk meningkatan keterampilan menulis siswa kelas V SD TI 030 Batu Belah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik kelas 3 sekolah dasar.

Rata-rata klasikal pada siklus I yaitu 69,1 dan 48,39% peserta didik lolos tes kemampuan membaca pemahaman. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, tes membaca pemahaman, dan dokumetasi. Tahap penelitian tiap siklusnya yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Prosedur penelitian ini terdiri atas dua siklus tiap siklusnya terdiri dari dua pembelajaran. Subjek dari penelitian ini yaitu guru kelas dan 31 peserta didik kelas III sekolah dasar. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). P>Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan menerapkan model pembelajaran STAD ( Student Team Achievement Division) pada peserta didik kelas 3 sekolah dasar tahun ajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil angket dapat disimpulkn bahwa upaya guru dalam mengajarkan keterampilan membaca siswa SD pada masa pandemi Covid-19 SDN Gugus IV Kecamatan Pujut ialah guru menentukan metode yang cocok, memberikan motivasi, pujian, hadiah, dan nilai kepada siswa, literasi di awal pembelajaran, dan memberikan tugas yang mengharuskan kegiatan membaca. Data yang diperoleh kemudian di analisis menggunakan teknik analisis data Interaktif Analysis Model dari Miles dan Huberman. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan angket terbuka yang diberikan kepada masing-masing guru wali kelas 1-6.

Penentuan sumber data dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini ialah guru wali kelas 1-6 SDN Gugus IV Kecamatan Pujut. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif jenis fenomenologi dengan pendekatan deskriptif.

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui upaya guru dalam mengajarkan keterampilan membaca siswa SD pada masa pandemi Covid-19 SDN Gugus IV Kecamatan Pujut.
